Jadikan Pengiriman Luar Negeri Agar Aman Sampai Tujuan

Bekerja sebagai TKI di luar negeri memang memaksa Anda untuk menjauh dari keluarga. Karena tidak dekat satu sama lain, jadi kamu atau keluargamu perlu kirim ke luar negeri kapanpun kamu membutuhkan barang penting. 

Misalnya Anda membutuhkan dokumen tertentu yang Anda simpan di rumah, atau barang lain yang Anda butuhkan dari Indonesia untuk Anda gunakan di Malaysia. Tentu saja, keluarga di rumah akan mengirimkan barang itu kepada Anda. 

Nah, sudah tahu apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum kirim barang ke taiwan? Pada dasarnya, kunci sukses saat melakukan pengiriman ke luar negeri adalah mengetahui apa produknya, bagaimana barang tersebut dikirim, kemana tujuan pengirimannya, dan berapa biaya pengirimannya. Yuk, pahami bagaimana proses pengiriman barang ke luar negeri berikut ini.

Cara Mengirim Barang ke Luar Negeri

Pengiriman barang dari Indonesia ke luar negeri dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui laut atau melalui udara. Pengiriman barang ke luar negeri melalui laut atau kapal laut biasanya digunakan untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak atau banyak. 

Biasanya ada kubikasi minimum yang ditetapkan oleh pengirim untuk pengiriman kurang dari satu kontainer. Waktu pengiriman lebih lama, tetapi biaya pengiriman lebih murah. Dan sayangnya, Anda tidak dapat mengirim eceran atau kilogram.

Namun, ini lebih mahal daripada melalui laut, dan dapat digunakan untuk pengiriman eceran meskipun beratnya kurang dari 1 kilo. Selain itu, prosedur pengiriman ke luar negeri melalui udara lebih mudah daripada melalui laut. 

Sebenarnya lamanya waktu pengiriman barang ke luar negeri dari Indonesia melalui udara tergantung dari ekspedisi dan layanan yang digunakan. Lamanya waktu dapat bervariasi dari satu ekspedisi asing ke ekspedisi asing lainnya. Mengenai cara mengirim barang ke luar negeri, berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan barang yang dikirim bukanlah barang berbahaya atau barang terlarang. Seperti narkoba, senjata tajam, senjata api, bahan kimia berbahaya, dan lain sebagainya.
  • Pilih ekspedisi yang bisa mengirim barang ke luar negeri, dan yang terpercaya.
  • Konsultasikan barang yang akan dikirim, seperti jenis barang, berapa harga barangnya, tujuannya untuk apa, negara tujuan, lamanya waktu pengiriman, dan lain sebagainya.
  • Tanyakan berapa tarif pengiriman barang ke ekspedisi.
  • Packing barang untuk dikirim seaman mungkin untuk menghindari kerusakan selama proses pengiriman.
  • Mengirim atau menyerahkan barang untuk dikirim ke ekspedisi.
  • Pastikan untuk meminta tanda terima pengiriman atau nomor pelacakan paket.
  • Pantau atau lacak pengiriman.
  • Proses pengiriman ke luar negeri selesai.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label